Cara memilih Domain dan Hosting yang Tepat – Menentukan domain dan hosting yang tepat untuk web/blog memang tidak mudah. Apalagi bagi kita yang masih newbie. Banyak iklan penawaran berseliweran menawarkan Hosting dan Domain murah, fasilitas skuritas yang maksimal dan lainnya. Kalau tidak hati-hati, alih-alih mendapat pelayanan yang maksimal, website kita gagal rilis.

Untuk memilih domain dan hosting yang tepat, setidaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Menentukan nama domain
Buatlah nama domain yang mudah diingat. Juga spesifik dengan konten yang akan kamu publish. Atau konsistenlah dengan konten website/blog kamu. Selain untuk memikat pengunjung setia websitemu, domain yang baik akan meningkatkan SEO websitemu di search engine.

Setelah membuat domain, buat pula alternatifnya karena bisa jadi domain pilihanmu sudah digunakan oleh oranglain. Bagaimana mengeceknya? Langsung saja cek ke penyedia Domain dan Hosting.

Selain itu, tentukan juga domain yang akan dipilih apakah .com, .net, .co.id, atau lainnya. Kalau websitemu akan diperuntukkan komersial maka baiknya menggunakan .com. Kalau websitemu akan diperuntukkan merepresentasikan organisasimu maka baiknya menggunakan .org.

Menentukan Hosting
Setiap penyedia hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitemu. Pengalaman saya memilih hosting adalah melihat bandwitdh dan diskspace yang disediakan oleh penyedia layanan hosting. Saya rasa tidak nyaman kalau diskspace yang disediakan minimalis sedangkan kita membutuhkan diskspace yang lumayan untuk performa website kita.

Saran saya telitilah hosting yang menjamin skuritas data kamu. Selain penawaran kemudahan back up data, jaminan enkripsi website juga perlu diperhatikan. Maka, apa salahnya kalau kamu juga melihat tawaran SSL (Secure Socket Layer) yang ditawarkan. SSL adalah fasilitas standar untuk mengenkripsi komunikasi antara pengguna dengan websitemu secara aman, mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website – password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dll.

hosting

Contoh Tawaran Hosting


Menetukan Web Builder dan Template

Sebagai newbie saya sangat awam dengan pemrograman website, seperti dreamweaver dan lainnya. Tetapi saya dimudahkan dengan web builder yang banyak tersedia. Seperti wordpress, blogger, joomla, dan lainnya. Kalau sudah menentukan web builder untuk websitemu segeralah pilih template yang sesuai dengan websitemu.

Sekian dulu tips dari saya. Semoga lekas selesaikan menulis tips-tips lainnya.