Pada akhirnya saya membeli hosting dan domain sendiri untuk menyalurkan hobi blogging saya. Sebelumnya saya menggunakan blogging gratisan. Di sana saya bertahan cukup lama, yakni sejak tahun 2009. Dan baru dua bulan yang lalu saya memiliki blog dengan domain berbayar.

Umumnya para blogger mempublikasikan karyanya melalui blog gratisan dari berbagai platform. Selain mudah dalam kostumasi, blogger tidak perlu merogoh kocek. Tetapi kalau ingin memanfaatkan blogging untuk bisnis, pengiklanan, dan lainnya, blogging gratisan kurang fleksibel dan leluasa. Kalau anda bermaksud ke arah sana, saatnya beralih ke domain berbayar (TDL atau Top Domain Level).

Lalu, apakah Top Level Domain (TLD) itu?
Teman-teman blogger banyak yang beralih menggunakan TLD, baik yang dotcom maupun dotnet. Mereka ngeblog jauh lebih lama dari saya. Barangkali kamu juga ingin memiliki domain sendiri. Tetapi sebelum memilih domain Dotcom atau Dotnet baiknya kita pelajari apakah TLD itu.

Aneka Top Level Domain (TLD)

Aneka Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain (TLD) adalah extensi pada akhir nama domain. Di antaranya adalah .net (dot network), .com (dot commercial), .org (dot organization), .edu (dot edu), .info (dot info) dan lainnya.
.net dan .com adalah domain yang paling banyak dan familiar digunakan. Beberapa ada yang menggunakan untuk tujuan komersial, bisnis, atau sekedar blogging pribadi.

Apa untungnya menggunakan domain Dotcom dan Dotnet?
Kamu tentu ingin terlihat kece. Memiliki domain sendiri memang menambah kepercayaan diri merasa lebih kece. Selain merasa lebih kece, apa keuntungan lainnya menggunakan domain Dotcom atau Dotnet. Ini dia keuntungannya:

dotcomforme Blog Competition

dotcomforme Blog Competition

a. Fleksibelitas
Kamu dapat melakukan kostumasi tampilan blog dengan mudah. Template bisa diambil atau dibuat dari platform mana saja. Kostumasi lebih fleksibel. Landing page model majalah maupun minimalis pun tidak masalah. Apalagi kalau kamu sedikit mengerti bahasa coding (html atau CSS) tentu sangat memahami fleksibelitas yang saya maksud.

b.Profesional
Akan muncul kesan profesional ketika kamu memperkenalkan blogmu dengan ekstensi Dotnet atau Dotcom. Kamu juga akan merasakan percaya diri atau membuat orang lain percaya terhadap tulisan yang kamu unggah. Karena sudah menggunakan Dotcom atau Dotnet tentu saja etika menulis harus lebih diperhatikan. Sebisa mungkin kamu tidak melakan plagiasi. Supaya lebih menunjukkan keprofesionalan dalam Ngeblog, buatlah page disclaimer.

c. Fasilitas
Ketika kamu membeli hosting dan domain maka kamu akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang tak akan didapat ketika anda Ngeblog menggunakan platform gratis. Di antaranya adalah skuritas data karena kamu dapat melakukan backup secara berkala. Kamu juga dapat membuat email dengan esktensi website anda, seperti admin@domainmu.com. Hal ini akan sangat menguntung untuk kegiatanmu yang lebih profesional.

Saat ini, hampir semua jasa penyedia domain juga menyediakan hosting. Jadi kostumasi di Cpanel untuk menata blogmu akan lebih mudah.

Selain bisa membuat email dengan domainmu, kamu juga bisa membuat subdomain. Maksudnya begini. Kamu sudah punya domainmu.com lalu ingin menambah subdomain yang sama sekali berbeda tetapi masih berada di bawah “naungan” domainmu. Maka kamu bisa membuat domain baru dengan nama catatanharian.domainmu.com

d. Pengiklanan
Saat ini banyak orang memanfaatkan blog untuk mencari uang. Selain itu, beberapa perusahaan mikro juga memanfaatkan website untuk melebarkan bisnisnya. Jika kamu tidak memiliki usaha mikro atau sejenisnya, maka kesempatan mencari uang adalah dengan mengajukan advertisement. Pengiklanan (andense) bisa diajukan ke penyedia layanan tersebut atau berhubungan langsung dengan perusahaan-perusahaan. Tentu saja jasa adsense akan lebih mudah menyetujui pengajuan iklan yang kamu ajukan dibanding ketika kamu menggunakan platform gratisan.

e. Search Engine Optimization (SEO)
Tentu senang dong ketika blogmu selalu muncul di halaman pertama mesin pencari. Untuk bisa tampil di halaman pertama, kamu memerlukan Search Engine Optimization (SEO). Ketika kamu memakai domain Dotnet atau Dotcom kamu sudah satu langkah lebih maju menyusun SEO karena Dotnet dan Dotcom menjadi prioritas pencarian oleh mesin pencari seperti google dan lainnya.

seo

Search Engine Optimization (SEO)

 

Pengalaman Ngeblog
Selain hobi baca-tulis, Ngeblog menjadi media bagi saya untuk menyalurkan ekspresi dan opini. Bahkan tidak menutup kemungkinan berbagi pengalaman pribadi.

Memiliki blog pribadi juga memberikan kepercayaan diri. Termasuk dalam rangka mengikuti lomba DotComForMe.
Saya dianugerahi pekerjaan sebagai seorang guru. Dengan begitu, fenomena-fenomena yang saya temu semakin beragam. Saya bisa menulis tentang murid-murid saya dan prilaku mereka. Tidak menutup kemungkinan pula tentang materi pelajaran untuk menambah wawasan mereka.

Semenjak beralih menggunakan domain Dotnet saya lebih berhati-hati dalam menulis. Konten harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini terkait dengan kepercayaan orang untuk tetap mengunjungi blog saya. Kalau toh sesekali mengambil artikel dari website oranglain maka saya memastikan mendapatkan izin dari pemiliknya. Dan sebagai etika publikasi pada akhir artikel saya bubuhi notasi dan backlink aktif ke sumber artikel.

Di antara pengalaman yang menarik dari blogging adalah menikmati indahnya berbagi. Apalagi ketika artikel yang diunggah mendapatkan apresiasi dari pembaca. Ada yang membagi ke media sosial, group, dan lainnya.

 


Artikel ini diikutkan dalam lomba blog dotcomforblogging dotcomforme
Nomor ID: 047