Moratorium UN 2016/2017 oleh Kemendikbud

Moratorium UN 2016/2017 oleh Kemendikbud

By | 2018-04-16T14:05:42+00:00 November 25th, 2016|Reportase|0 Comments

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berencana melakukan moratorium pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2016/2016. Usulan moratorium tersebut sudah diajukan kepada presiden. Kalau presiden menyetujui maka pelaksaan Ujian Nasional tahun pelajaran ini akan ditunda.

Sebagaimana dilansir oleh Pikiran Rakyat bahwa alasan moratorium ini adalah kualitas guru yang masih banyak di bawah standar uji kompetensi Guru (UKG). Alasan lain yang mendorong moratorium ini adalah hasil UN tahun pelajaran yang lalu. Pemetaan berdasarkan hasil UN tahun lalu menunjukkan bahwa hanya 30% sekolah yang memenuhi standar nasional.

Pembinaan terhadap 70% sekolah yang belum memenuhi standar nasional jauh lebih penting dari pelaksanaan itu sendiri. Menurut pengamat pendidikan, Indra Charismiadji, bahwa peningkatan kualitas guru lebih penting agar target pengurangan 70% tersebut tercapai. Kualitas guru yang baik akan berdampak pada hasil pembelajaran yang baik.

Screenshot Pengumuman Moratorium

Screenshot Pengumuman Moratorium UN TP 2016/2017


Bagaimana dengan UN CBT?
Pada hari Senin-Kamis, 21-24 November 2016, yang lalu seluruh sekolah yang terdaftar sebagai penyelenggara Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) melakukan simulasi. Selain untuk mengukur kesiapan server dan client, simulasi ini pun menjadi cara pengenalan sistem CBT kepada peserta didik.

Tidak sedikit sekolah yang telah menganggarkan dana yang cukup besar untuk pengadaan infra-struktur demi menghadapi UN CBT. Mulai membangun lab komputer baru sampai belanja PC. Ditambah juga pemasangan jaringan lokal untuk client dan pengadaan satu lokal satu server telah menguras dana sekolah yang cukup tinggi. Belum termasuk kerjasama layanan dengan penyedia ISP.

Saat ini, situs resmi pemerintah untuk CBT, http://unbk.kemdikbud.go.id/ telah berubah menjadi http://ubk.kemdikbud.go.id/. Rilis berita terkait dengan moratorium UN disampaikan kepada proktor sekolah melalui laman tersebut.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merencanakan melakuakn moratorium pelaksanaan UJIAN NASIONAL SMP dan SMA sederajat mulai Tahun Ajara 2016/2017. Meskipun demikian simulasi I dan simulasi offline tetap akan dilaksanakan sebagai latihan dan uji coba pengembangan sistem UBK (Ujian Berbasis Komputer). Sekolah yang berminat silahkan tetap sengikuti simulasi tersebut. Laman unbk.kemendikbud.go.id berpindah ke ubk.kemendikbud.go.id.

Belum ada kejelasan kapan presiden akan memberikan jawaban kepada kemendikbud mengenai moratorium UN ini. Tidak hanya soal moratorium, kalau ini disetujui maka pemerintah pun harus menyusun rencana perbaikan dan pengembangan pendidikan, khususnya terkait dengan evaluasi skala nasional ini.

About the Author:

Bermimpi boleh saja. Tapi bayangkan kalau orang berani bermimpi tapi tidak berani mewujudkan.

Leave A Comment