Aplikasi Alquran Virtual Ayat Versi 1.4

Aplikasi Alquran Virtual Ayat Versi 1.4

By | 2018-04-16T09:50:59+00:00 April 11th, 2017|Buku|3 Comments

Mencari hazanah ilmu tentang Alquran tidak lagi menghadapi banyak halangan. Saat ini, terdapat banyak perpustakaan virtual yang menghimpun berbagai tafsir ke dalam satu program aplikasi. Di antaranya adalah aplikasi Ayat versi 1.4. Pada kesempatan ini kita akan menilik seluk beluk aplikasi Alquran Virtual yang bernama Ayat ini.

Tampilan Halaman Aplikasi Ayat v. 1.4

 

Halaman Antar Muka yang Nyaman

Aplikasi Ayat versi 1.4 memiliki antar muka yang ramah di mata. Terdapat berbagai menu yang dapat dimanfaatkan. Kamu dapat memilih surat dan ayat, halaman, dan juz yang ingin dibaca secara mudah. Menu tersebut terletak di bagian margin atas sebelah kanan. Tampilan lembaran-lembarannya pun disusun sama seperti Alquran waqaf—Alquran biasa diwaqafkan oleh jamaah haji di masjid Haramain.

Pilihan Bahasa Terjemah – Ayat v. 1.4.

Selain itu, kamu dapat memilih tampilan Alquran dari mode yang berbeda: qiroah mode atau turjumah mode. Ketika kamu memilih qiroah mode maka kedua halaman akan menampilkan secara utuh tampilan halaman Alquran. Sedangkan ketika memilih turjumah mode kamu akan disuguhkan tampilan yang berbeda. Di saat membaca Alquran di halaman ganjil maka halaman genap akan menampilkan terjemahan sesuai pilihan bahasa. Ada bahasa Inggris, Indonesia, Itali, Prancis, Spanyol, dan lain sebagainya.

Tak berhenti sampai di sini. Ayat versi 1.4. dilengkapi dengan audio player untuk memutar tilawah berdasarkan qori yang disukai. Ada Syeikh Sa’ad al-Ghamidi, Syeikh Al-Hushry, Syeikh Yasir Salamah, Syeikh Abdullah Bashfar, dan lain sebagainya. Beberapa qori tersebut sudah termasuk dalam instalasi dan terdapat beberapa yang perlu didownload, yaitu dengan mengklik nama syeikh yang tertera.

Himpunan Kitab Tafsir

Selain dimanjakan dengan halaman antar muka yang menarik, aplikasi Ayat versi 1.4 ini dilengkapi dengan kitab-kitab tafsir. Di antaranya adalah Tafsir as-Sa’dy, al-Wasith al-Thanthawi, al-Bughawi, Ibn Katsir, al-Qurthuby, al-Thobary, ibn Ásyur, dan lainnya.

Melatih Hafalan Alquran

Kamu juga dapat melatih hafalan Alquranmu dengan memilih menu “tamrin al-hifdz”  yang terletak di sidebar sebelah kiri. Kamu dapat mengatur surat atau halaman yang ingin diuji. Seperti mengatur halaman 1 sampai halaman 100 selanjutnya kamu akan disuguhi potongan ayat dan diminta membaca ayat sebelumnya dan lanjutannya.

Bagaimana kalau tidak tahu atau lupa? Silahkan arahkan kursor ke sekitar potongan ayat tersebut maka akan tampak ayat sebelumnya atau sesudahnya secara transparan. Untuk memulai soal baru silahkan “sual jadid”.

Melatih Hukum Bacaan/Tajwid

Kamu juga dapat melatih kemampuanmu dalam hal tajwid. Terdapat pilihan tulisan Hafsh ‘an Áshim, Hafsh ‘an Áshim mujawwad, dan Warsy ‘An Nafi’. Kalau kamu memilih tulisan Hafsh ‘an Áshim maka ayat-ayat yang ditampilkan akan polos berwarna hitam. Sedangkan ketika memilih Hafsh ‘an Áshim mujawwad maka ayat-ayat ditulis dalam berbagai warna. Warna tertentu mewakili hukum bacaan tajwid tertentu.

Install Atau Update

Silahkan download aplikasi Alquran Ayat versi 1.4 lalu install dengan mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Bisa juga bagi kamu yang memiliki Ayat versi sebelum untuk mendownload pilihan Update versi 1.4.  Kapasitasnya tidak besar kok, hanya 125 MB.

Download Ayat v. 1.4 di sini.
Download Update v. 1.4. di sini.

About the Author:

Bermimpi boleh saja. Tapi bayangkan kalau orang berani bermimpi tapi tidak berani mewujudkan.

3 Comments

  1. Anjar Sundari April 17, 2017 at 12:16 pm - Reply

    Wah Al Qur’an virtual ini lengkap sekali ya mas. Selain itu juga mudah untuk dibaca dan mencari halaman yang kita kehendaki. Apalagi bisa memilih qori favorit kita 🙂

    • M Farhan Syakur April 18, 2017 at 7:56 am - Reply

      Ada yang lain, Qur’an Hafsh. Sayangnya, CD Instalasinya rusak dan belum sempat diback ke .iso
      Nyesel banget deh. Jadi gak bisa bagi-bagi.

  2. Anonymous June 8, 2017 at 11:27 am - Reply

    3.5

Leave A Comment