5 Makanan Super yang dapat Melancarkan Arteri untuk Jantung Lebih Sehat!

5 Makanan Super yang dapat Melancarkan Arteri untuk Jantung Lebih Sehat!

By | 2017-10-16T08:23:41+00:00 August 1st, 2017|Tips & Trik|0 Comments

Untuk memiliki jantung yang sehat, kamu juga mesti memiliki arteri yang sehat karena arteri bertanggung jawab membawa darah sehat ke jaringan tubuh kita. Kalau kamu gak mau bersih-bersih arteri tubuhmu, maka akan terbentuk plak-plak di arteri dan sialnya lama-lama plak itu akan jadi penyumbat. Akibatnya, aliran darah pun terhambat. Kamu pingin kan ngingkiri plak-plak di arteri tubuhmu? FYI: plak-plak itu sebenarnya bersumber dari kolesterol, lemak, limbah seluler, fibrin, dan kalsium.

Hal terbaik untuk membersihkan arterimu adalah dengan memakan makanan sehat. Berikut ini adalah makanan ramah arteri yang harus segera kamu tambahkan ke daftar makananmu:

#1: Garlic (Bawang Putih)

Menambahkan bawang putih ke makananmu adalah salah satu cara termudah untuk membersihkan arteri. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman, konsumsi bawang putih secara teratur dapat mencegah pengerasan aorta. Ini juga mengurangi kadar kolesterol jahat dan memberi manfaat bagi jantung, terutama bagi orang tua.

#2: Pomegranate (Delima)

Delima adalah makanan eksotis yang terkenal. Buah ini sangat membantu membuka sumbatan di arteri seperti yang dikonfirmasi oleh sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences. Buah ini memiliki jumlah polifenol, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi. Ini juga membantu dalam merangsang produksi oksida nitrat, yang membuat arteri tetap terbuka dan karena itu mempermudah aliran darah.

#3: Ikan Salmon

Ikan salmon adalah ikan berlemak yang terkenal akan manfaat kesehatannya. LEmak sehat tentunya. Ikan salmon dapat membantu menyingkirkan penumpukan plak. Ini memiliki asam lemak omega-3, termasuk asam eicosapentaenoic atau EPA dan docosahexaenoic acid atau DHA. Keduanya bisa meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik, sekaligus mengurangi kadar trigliserida yang berbahaya dan terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

#4: Turmeric (Kunyit)

Makanan super lain yang terkenal adalah Kunyit. Bumbu dapur ini dapat kamu tambahkan ke makananmu untuk membantu agar arterimu bebas dari penyumbatan. Kunyit kaya akan kurkumin yang merupakan senyawa yang sangat sehat dan hadir dengan beberapa manfaat, termasuk menurunkan kemungkinan radang dan kerusakan pembuluh darah.

#5: Olive Oil

Saat membeli minyak zaitun, cobalah untuk selalu mencari minyak zaitun extra virgin yang sangat baik untuk jantung. Minyak jenis ini dilengkapi dengan antioksidan, terutama polifenol untuk jantung sehat. Bila dikombinasikan dengan minyak tak jenuh, minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik. Tentu saja ini menguntungkan kita karena penumpukan plak di arteri sangat berkurang.

Arteri sangat penting bagi jantung dan aliran darah. Wajar, kalau arteri-arteri dalam tubuh kita sangat kuat, elastis, dan fleksibel. Namun ‘sedimen-sedimen’ di dalamnya bisa membuat kinerjanya menjadi sulit, yang membatasi distribusi darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Jangan lupa, tambahkan makanan super yang tercantum di atas untuk membersihkan arteri tubuhmu dan menjaga kesehatan jantungmu pada saat bersamaan.

 

Artikel di atas diadaptasi dari www.avroa2.ga

About the Author:

Bermimpi boleh saja. Tapi bayangkan kalau orang berani bermimpi tapi tidak berani mewujudkan.

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.