UNBK Ar Raihan Berjalan dengan Baik

UNBK Ar Raihan Berjalan dengan Baik

By | 2018-04-25T07:47:04+00:00 April 19th, 2018|Reportase|0 Comments

Ujian Nasional Berbasis Komputer, atau biasa disingkat UNBK, di SMA IT Ar Raihan telah berjalan dengan baik. Ujian kali ini diikuti oleh 36 peserta, 19 dari jurusan IPA dan 16 dari jurusan IPS. Sejak hari pertama, 9/04, hingga hari terkahir, 12/04, seluruh perserta ujian dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Pada hari pertama, peserta mengikuti apel pembukaan ujian dan mendengarkan arahan dari sekolah terkait dengan pelaksanaan ujian. Dalam pengarahan tersebut dengan tegas disampaikan bahwa peserta didik dilarang keras membawa alat komunikasi elektronik, saling bertanya, dan melakukan tindakan yang mengurangi khidmat pelaksanaan ujian.

Selain itu, peserta ujian pun mendapatkan arahan bahwa hak mereka mengerjakan soal ujian adalah 120 menit berdasarkan waktu server. Hal ini ditekankan kepada peserta didik dan juga pengawas, mengingat kendala yang sering muncul pada awal pelaksanaan ujian adalah permintaan token dan reset yang berulang. Sehingga ada kemungkinan beberapa siswa yang mengalami kesulitan mengakses soal. Oleh karena itu, wajar apabila waktu countdown satu peserta dengan peserta yang lain terdapat perbedaan.

Peserta ujian tampak familiar dan tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan ujian. Hal ini terkait dengan simulasi UNBK yang dilaksanakan sebanyak tiga kali, satu kali di semester ganjil dan dua kali di semester genap. Selain itu, kebiasaan sehari-hari dalam kegiatan pembelajaran yang telah melibatkan sistem e-learning memudahkan peserta didik memahami sistem UNBK.

Dari keempat mata pelajaran yang diujikan, terdapat keluhan dari peserta ujian pada saat mengikuti ujian mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Pada pelajaran Matematika terdapat beberapa soal yang tidak muncul di layar komputer. kemungkinan terbesar penyebabnya adalah banyaknya sisipan gambar ilustrasi pada soal. Sementara pada bahasa Inggris kendala muncul pada soal-soal listening.

Secara umum, pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan sangat baik.

Hasil UNBK dijadwal akan diumumkan pada 2 Mei 2018 dengan mekanisme pengumuman diserahkan kepada sekolah masing-masing.

Mengaca pada tahun-tahun sebelumnya, Ar Raihan menyampaikan pengumuman hasil UNBK secara online. Peserta didik atau orangtua dalam login ke sistem yang akademik. Pada Sidebar bagian bawah terdapat menu pengumuman ujian nasional yang akan memunculkan secara detail perolehan nilai setiap mata pelajaran.

Selanjutnya, peserta didik dapat mengambil Surat Keterangan Lulus (SKL) di sekolah pada hari berikutnya.

Sejak tahun 2014, hasil Ujian Nasional bukan lagi menjadi penentu pokok kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada sekolah untuk meluluskan peserta didiknya. Pemerintah memberikan rambu-rambu kelulusan, di antaranya adalah mempertimbangkan nilai sikap dan nilai USBN.

Sementara SMA IT Ar Raihan menentukan kriteria kelulusan berdasarkan empat hal: nilai sikap, ketuntasan ujian tahfidz—yaitu juz 29, nilai rapor selama tiga semester, dan nilai USBN.

Pelaksanaan UNBK SMA telah terlaksana dengan baik. Pengalaman dan kendala dalam pelaksanaan ujian di SMA ini menjadi pelajaran yang berharga untuk kegiatan selanjutnya. Terima kasih kami kepada para panitia, proktor dan teknisi, serta pengawas ruang. Semoga Allah taala melimpahkan keberkahan dan kebahagiaan. Tabik.

About the Author:

Bermimpi boleh saja. Tapi bayangkan kalau orang berani bermimpi tapi tidak berani mewujudkan.

Leave A Comment