/Langkah Mudah Menghindari Penyakit Kronis

Langkah Mudah Menghindari Penyakit Kronis

By |2017-10-16T08:24:05+00:00July 31st, 2017|Tips & Trik|0 Comments

Teman-teman, ternyata lebih dari 40% orang dewasa yang tinggal di Amerika Utara menderita penyakit kronis. Jumlahnya terus meningkat. Ngerinya, 10% di antaranya menderita lima penyakit secara bersamaan.

Tetapi tidak perlu khawatir karena penyakit-penyakit kronis itu sebenarnya dapat dicegah. Lebih mengejutkannya lagi, pencegahannya ternyata berbasis makanan. Mudah kah? Hanya saja keberhasilannya sangat tergantung pada keyakinan teman-teman sendiri. Yaitu keyakinan bahwa menjaga kesehatan harus dimulai dari diri sendiri.

Dalam menjaga kesehatan para ahlinya sering menyampaikan begini. Kesuksesan menjaga kesehatan tubuh berasal dari kesadaran, perhatian, sikap, komitmen dan bertanggung jawab yang baik. Dan itu dimulai dengan makanan.

Ada batasan di mana sains tidak dapat berbuat apa-apa jika kamu tidak berkomitmen terhadap kesehatanmu. Ambil langkah pertama. Berkomitmenlah untuk diri sendiri. Tentukan batasannya. Cintailah makanan yang mencintai kamu.

Ini sederhana dan mudah dikuasai. Rencanakan makananmu. Gapailah keseimbangan antara protein dan sayuran. Kurangi juga ketergantungan pada gula dan garam. Turun dari gerobak makanan olahan lalu carilah makanan yang lebih alami dan organik.

Saat menangani diagnosis kesehatan yang berpotensi berbahaya, para ahli bijak menyarankan begini: “Hilangkan susu, gandum, alkohol dan kafein.” Lah, kenapa harus menunggu bahaya buat nerima pesan berharga semacam itu? Makan sesuai aturan 80/20 … 80% sesuai dengan rencanamu dengan 20% disisihkan untuk perjalanan sampingan sesekali untuk kesenangan.

Ngemil bisa dikatakan over-rated; kalau dibilang harus, ya baiknya camilan diatur dan –coba tiru karedok sunda– selalu pilih yang mentah, kalau doyan. Yang kita bicarakan kan mengantisipasi penyakit. Jadi gak masalah kan kalau makan mentahan.

Hal lain yang penting untuk dilakukan adalah meminum air yang benar-benar sehat. Bersyukurlah bagi teman-teman yang masih memilih memasak air dari pada air kemasan. Lebih beruntung lagi kalau masih mau menggunakan kendi untuk menyimpan air. Jadi kalau ada tamu dikira sedang syuting Tutur Tinular.

Selamat mencoba ya teman-teman. Semoga kita dilimpahi kesehatan dan meninggal dengan tenang.

 

Diadaptasi dari psiphonhealthyliving.com

About the Author:

Sehari-hari mengajar, berangkat pagi dan pulang sore. Senang beli buku tapi males bacanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.